Rundown Festival Kebhinekaan 5 - Virtual (22 - 28 Februari 2022)

RUNDOWN  FESTIVAL KEBHINEKAAN  5  - VIRTUAL

 (22 - 28 Februari 2022)   




Salam Kebhinekaan !

Tidak terasa Festival Kebhinekaan sudah mencapai tahun ke 5. Di tahun kelima ini, Festival Kebhinekaan kembali hadir merespon kondisi pandemik dan semua pelaksanaan diadakan secara virtual, dalam format Zoom Meeting, Youtube Live Streaming dan juga Instagram Live. 

Festival Kebhinekaan bertujuan untuk Memperkuat Toleransi Lintas Iman dan Merayakan Kebhinekaan Indonesia, dengan target spesifik kepada generasi muda dan Millenial, dengan diisi ragam acara yang dikemas secara kreatif dan rileks. 

Seperti juga tahun tahun sebelumnya, Festival Kebhinekaan kali ini akan tetap diisi dengan Inspiring Talks, Diskusi dan Millenial Talks tentang Agama Agama dari sudut pandang Anak Muda, Tur Virtual, Refleksi Lintas Iman. 

Yang baru di tahun ini, akan diadakan juga rangkaian Tur Virtual dari beragam rumah ibadah secara Livestreaming via Instagram @festivalkebhinekaan

Semua rangkaian acara terbuka untuk umum dan GRATIS, silahkan  . Untuk kehadiran di sesi zoom tersedia fasilitas E-sertifikat.  Jadi silahkan datang tepat waktu di tiap sesi, atau semua sesi juga bisa disaksikan live streaming via Youtube Festival Kebhinekaan. 

Festival Kebhinekaan juga membuka penggalangan donasi via kitabisa.com . Jika teman teman ingin menjadi bagian dari Gerakan Toleransi Lintas Iman dan mendukung Festival Kebhinekaan, bisa berdonasi di link https://kitabisa.com/campaign/gerakantoleransifestivalkebhinekaan5 , donasi dengan nominal berapapun sangat berarti bagi keberlangsungan Festival Kebhinekaan. 


Berikut ini Rundown Acara Detail 


Rangkaian Tur Virtual LIVE via Instagram @festivalkebhinekaan
1. Selasa 22 Feb 16 00 -17.00 Cerita dari Gereja Candi Ganjuran - Jogja , Gereja bernuansa Candi Hindu
Di Jogja ada sebuah Gereja Katolik berasitektur Candi Hindu Budha yang sudah berusia hampir satu abad. Gereja ini juga menjadi destinasi wisata religi tempat ziarah dan doa. Yuk ulik cerita cerita unik dan menarik dari Gereja ini.


2, Rabu 23 Feb 16.00- 17.00 Cerita dari Kampung Baduy dan Mengenal Kaum Sunda Wiwitan
Suku Baduy adalah salah satu suku adat di Banten yang dikenal karena keunikan tradisinya yang menghndari modernitas. Orang Baduy juga secara turun temurun adalah pemeluk Agama Sunda Wiwitan yang merupakan agama leluhur di tanah Sunda. Seperti apa keunikan Kampung Baduy berserta tradisi pemeluk Sunda Wiwitan? Yuk simak Tur Virtualnya langsung dari Kampung Baduy.


3. Jumat 25 Feb 15.00 -15.00 Cerita dari Mesjid Pecinan Lao Tze - Ps Baru dan Kisah Kisah Muslim Tionghoa
Seperti apa keunikan Mesjid yang penuh dengan unsur khas Cina? Dan seperti apa peran kaum Tionghoa bagi peyebaran Agama Islam? Simak melalui Tur Virtual langsung dari Mesjid Lao Tze


4. Sabtu 26 Feb 10.00-11.00 Cerita dari Gereja Portugis Tugu dan Mengenal Kampung Betawi Kristen
Di Pesisir Utara Jakarta, ada sebuah Kampung yang punya pengaruh kuat budaya Portugis dan telah mendiami kawasan ini sejak 400 ratun tahun lalu. .Seperti apa keunikan Kampung Tugu yang juga dikenal sebagai Kampung Betawi Kristen? Yuk simak Tur Virtualnya langsung dari Kampung Tugu sambil mengenal orang orang Tugu.


5. Sabtu 26 Feb 12.30 - 13.30 Cerita dari Gereja Orthodox dan Mengenal Penganut Orthodoks Rusia di Jakarta
Agama Kristen Orthodox Rusia memiliki pengikut cukup banyak di Jakarta, salah satunya adalah keluarga artis Roy Marten . Seperti apa penampakan Gereja Orthodox Rusia di Jakarta dan seperti apa keunikan tradisi Orthodox Rusia yang sekilas memiliki banyak persamaan gaya berbusana dengan orang orang Muslim? Yuk simak Tur Virtual langsung dari salah satu Gereja Orthodox Rusia di Jakarta.

6. Sabtu 26 Feb jam 13.30 - 14.30 Cerita dari Sikh Temple Gurdwara - Ps Baru dan Mengenal Penganut Sikh
Agama Sikh yang berasal dari India memiliki pengikut cukup banyak di Jakarta sejak satu abad lalu, dan Kuil Sikh juga tersebar di berbagai kawasan . Tradisi Agama Sikh sekilas memiliki persamaan dengan agama Hindu dan Islam termasuk bangunan rumah ibadahnya yang sekilas seperti Mesjid Seperti apa penampakan Kuil Sikh dan apa saja keunikan dan tradisi dari Agama Sikh? Yuk simak Tur Virtual langsung dari Kuil Sikh Temple di Pasar Baru, sambil mengenal komunitas penganut Sikh.


7. Minggu 27 Feb 09.00 -10.00 Cerita dari Kawasan Kebhinekaan Kampung Nelayan Cilincing
KIampung Nelayan di Cilincing dikenal sebagai kawasan Bhineka karena sejak 4 abad lalu di kawasan ini ada berbagai rumah ibadah lintas agama yang letaknya berdekatan seperti Klenteng, Wihara, Mesjid hingga Pura Hindu . Yuk simak eksotisme kawasan Cilincing melalui Tur Virtual ini.

8. Minggu 27 Feb 10.00 - 11 00 Cerita Perayaan Melasti Hindu Bali di Jakarta
Perayaan Melasti adalah upacara penyucian diri setahun sekali umat Hindu yang dirayakan setahun sekali satu minggu sebelum Hari Nyepi. Perayaan Melasti umat Hindu se- Jabodetabek hanya dilaksanakan di Kampung Cilincing. Yuk simak seperti apa perayaan Melasti dari Kampung Cilincing.



9 Minggu 27 Feb Jam 15.00 - 16.00 Tur Virtual LiVE IG @festivalkebhinekaan Cerita dari Peace Center Mesjid Ahmadiyah , Bogor*
Apa yang kamu ketahui tentang Jemaah Islam Ahmadiyah ? Dan seperti apa Mesjid Ahmadiyah yang seringkali dipersepsikan "berbeda" oleh masyarakat awam? Yuk lihat seperti apa Mesjid Ahmadiyah dan kenali lebih dekat Jemaah Ahmadiyah di Tur Virtual ini


10. Senin 28 Feb 11.00 - 12.00 Spesial Isra Mi'raj : Cerita dari Mesjid Istiqlal - Perwujudan Kebhinekaan Indonesia
Sebagai Mesjid Negara, pembangunan Mesjdi Istiqlal mempunyai banyak perwujudan dari nilai nilai kebhinekaan. Mesjid yang dirancang oleh Arsitek beragama Kristen Protestan ini memiliki banyak sisi menarik dan humanis. Yuk simak seperti apa penampakan Mesjid Istiqlal terkini setelah direnovasi, spesial bersamaan daengan Perayaan Isra Mi'raj.

*Semua sesi Tur Virtual akan di upload ulang di YouTube channel Festival Kebhinekaan H+1
*Semua sesi Tur Virtual LIVE difasilitasi oleh Wisata Kreatif Jakarta

*Sesi Zoom dan Live Streaming di YouTube Festival Kebhinekaan*

1. Jumat 25 Feb jam 16.00 - 18.00 Millenial Talk (Mengenal Agama Agama Lokal dan Nusantara : Parmalim- Budi Daya- Sapta Darma- Adat Musi )
Di Indonesia masih ada ratusan agama lokal yang penganutnya tersebar di berbagai daerah.Yuk kenali anak anak muda Indonesia yang masih menganut kepercayaan leluhur

2. Jumat 25 Feb jam 19.00- 21.00 Talkshow + Photo Stories : Mengenal Diaspora Yahudi di Dunia (Agustinus Wibowo dan Monique Rijkers)
Bangsa Yahudi tersebar di berbagai pelosok dunia dan bisa menguasai banyak aspek seperti teknologi, ilmu pengetahuan ,finansial dll. Di sesi ini , Penulis Best Seller Agustinus Wibowo @avgustin88 dan Jurnalis Senior Monique Rjkers akan berbagi cerita tentang Diaspora Yahudi melalui rangkaian eksibisi foto foto hasil jepretan mereka


3. Sabtu 26 Feb jam 16.00 -18.00 : Millenial Talk (Mengenal Agama Agama Dunia : Tao - Kristen Koptik Mesir - Budha Niciren - Hare Kresna)
Di Indonesia ada saudara saudara kita yang menganut agama agama dunia di luar enam agama besar yang diakui negara .Yuk kenali anak anak muda Indonesia menganut agama agama dunia.


4. Sabtu 26 Feb jam 19.00 - 21.00 Tur Virtual Jejak Nazi dan Hollocaust (Monique Rijkers)


5. Minggu 27 Feb jam 16.00 -18.00 Millenial Talk (Mengenal Agama Agama Lokal dan Nusantara: Budaya Bangsa- Mappurondo - Perjalanan Kepribaden)

Di Indonesia masih ada ratusan agama lokal yang penganutnya tersebar di berbagai daerah.Yuk kenali anak anak muda Indonesia yang masih menganut kepercayaan leluhur


6 . Minggu 27 Feb jam 19.00 - 21.00 Kenali Lebih Dekat Keberagaman (Wayang Kristen - Jemaah Ahmadiyah - Baca di Tebet - Festival Kebhinekaan)

Sesi Zoom ID : 951 8108 8373 . Pasword : nusantara
* Untuk kehadiran sesi zoom ada E-sertifikat

Tim Kepanitiaan : 

Inisiator : 

Khairiyah Indonesia (Yayasan Bhineka Khairiyah Indonesia)


Supporting Organizer

Pemuda Ahmadiyah

Satrya Tumbelaka Foundation

Bahai Indonesia

Ortodoks Indonesia

Hadassah Indonesia 


Mitra Kolaborasi 

1. Organisasi/ Lembaga/Komunitas

Youth Interfaith and Peace Center

BEM DKM Paramadina

BEM Unusia

Carya Universitas Prasetya Mulya

DPD HPI Jakarta

Baca di Tebet Library

Indonesian Writers Inc

Serumpun Bakung

Koko Jali


3. Sponsor 

Nutrifood

Art433 Studio

Indoblognet

Kaqtus Lucu


2. Media Partner

Sejuk 

Blogger Cihuy

Indoblognet

X Tour Rider


3. Konsultan Hukum : 

Robean - Janis & Associates Law Office


Comments

Popular posts from this blog

Rundown Festival Kebhinekaan 3 (20- 23 Februari 2020)

Rundown Festival Kebhinekaan 4 - Virtual